Home » » Mengapa Salju Berwarna Putih

Mengapa Salju Berwarna Putih

Written By Burhanuddin Mihada on Jumat, 01 Februari 2013 | 17.20



Anda pernah liat salju kan..?. Ya, minimal di film ICE AGE dong. Tau gak, mengapa salju warnanya putih..???. Hummm, kalau bukan warna putih, bukan salju namanya. Heheheh.

Oke dech, serius.
Salju itu, pada hakekatnya merupakan air yang membeku. Sebenarnya, air yang beku berupa es tersebut tidak mengandung warna. Lho, kok bisa..?. Lalu kenapa salju itu sampai berwarna putih..?

Alasannya karena setiap gumpalan salju itu terbuat dari kristal-kristal es yang banyak. Nah, kristal-kristal ini memiliki banyak permukaan. Maka, pantulan cahaya dari sekian banyak permukaan pada Kristal-kristal itulah yang membuat salju itu kelihatannya berwarna putih.

Salju terbentuk apabila uap air di dalam atmosfer itu menjadi beku. Pada saat uap air itu menjadi beku, maka terbentuklah kristal-kristal jernih yang transparan atau tembus pandang. Arus yang terdapat di udara membuat kristal-kristal ini turun naik dalam atmosfer.

Sementara kristal-kristal itu melakukan gerakan ini, mereka mulai berhimpun sekeliling partikel-partikel kercil yang terdapat di dalam awan. Apabila suatu kelompok Kristal es itu cukup besar bentuknya, maka ia akan turun melayang sampai ke atas permukaan bumi sebagai gumpalan-gumpalan salju itu.

Kristal gumpalan salju itu selalu menyusun diri mereka sendiri menurut cara tertentu. Mereka sering membentuk semacam bintang-bintang yang bersegi enam atau sekeping piringan salju yang tipis bagaikan gumpalan yang bersegi delapan.
Begitulah ceritanya, semoga bermanfaat. ^_^
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. DZonaIlmu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger