Home » » Bagaimana Caranya Air Memadamkan Api

Bagaimana Caranya Air Memadamkan Api

Written By Burhanuddin Mihada on Jumat, 01 Februari 2013 | 17.31





Kali ini kita akan menemukan satu rahasia lagi. Apa yach..???. Anda pasti tau api kan..???.  Ya, iyalah.. masa ya iya donk..hhhhh

Nah, tahukah Anda bagaimana air bisa memadamkan api…???. Mari simak penjelasannya …

Mari kita mulai dengan apa yang membuat api itu bisa menyala. Ada tiga hal yang diperlukan oleh api. Pertama adalah bahan bakar, seperti kayu atau kertas, atau alcohol atau gas. Kedua, diperlukan oksigen atau gas asam. Bahan bakar itu dengan mudah bersenyawa dengan zat asam. Apabila kayu dibakar dalam perapian atau gas dibakar dalam kompor, bahan bakar itu bersenyawa dengan cepat sekali dengan oksigen yang terdapat di udara. Hal ketiga yang diperlukan adalah panas. Adik-adik, kertas atau kayu yang hanya diletakkan begitu saja diudara tidak akan menyala. Biasanya sebuah korek api bisa menyala jika ditempelkan pada kertas kering dengan bantuan sinar matahari. Hum, apabila kertas itu sudah cukup panas, oksigen akan dengan mudah bisa bersenyawa dengannya. Maka kertas itu akan menyala.


Setelah mengetahui bagaimana api bisa terbentuk, maka saatnya mengetahui bagaimana cara untuk memadamkan api. Dari masing-masingnya, salah satu dari tiga unsur yang membuat api itu menyala, kita hindarkan. Pertama, menempatkan jauh-jauh bahan bakar itu. Kedua, mencegah agar tidak kemasukkan zat asam. Misalnya menyelubungi api dengan gas karbon dioksida (CO2). Dan, yang ketiga adalah dengan menjauhkan panas dari api itu.

Itulah sebabnya kita menyiramkan air ke dalam api sehingga menyerap panas dari bahan yang sedang menyala dan menurunkan suhunya.

Tapi, ada beberapa jenis api yang tidak dapat dipadamkan begitu saja dengan kekuatan air. Misalnya, minyak atau zat lemak yang mengambang di atas permukaan air.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. DZonaIlmu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger